Wednesday 29 November 2017

Rahasia Sukses Jualan Lewat Facebook


Facebook sebagaimana kita tahu merupakan media sosial dengan jutaan pengguna. Kita bisa terhubungan dengan jutaan orang. Ini merupakan media yang luar biasa untuk digunakan sebagai media promosi atau media untuk berjualan online. Lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa sukses berjualan online melalui facebook.


1. Menentukan jenis produk yang akan dijual

Bagian ini selalu menjadi bagian terpenting saat kita akan berjualan secara online. Sampai dengan tahap ini, saya yakin Anda telah memutuskan produk apa yang akan Anda jual.

2. Menyiapkan gambar atau foto produk yang berkualitas

Kuliatas foto dari sebuah poduk yang akan dijual online merupakan hal yang sangat penting. Gambar/foto produk haruslah menarik dan mewakili produk yang sesungguhnya. Pada panduan ini dibahas secara terpisah bagaimana membuat foto produk menarik.

3. Membuat Fanspage

Menggunakan akun facebook pribadi saja tidaklah cukup. Ada fasilitas yang menarik untuk digunakan sebagai tempat jualan online yaitu fanspage. Fanspage merupakan sebuah halaman yang bisa diikuti oleh banyak follower dan kita bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan tersebut. Anda dapat membuat fanspage melalui menu Buat halaman yang ada pada facebook Anda.

Terdapat beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan mulai dari tempat atau bisnis lokal sampai gerakan sosial. Pilihlah tempat atau Bisnis Lokal kemudian isilah biodata bisnis Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah yang ada pada facebook. Anda perlu menambahkan foto profil dan background nya sehingga terlihat profesional. Pada foto backgroud sebaiknya Anda gunakan foto yang mencantumkan nama usaha Anda dan kontak yang bisa dihubungi.

4. Memposting produk secara rutin dan kreatif

Setelah Anda memiliki akun facebook dan fanspage, langkah selanjutnya adalah melakukan posting produk Anda secara rutin dan kreatif. Gunakanlah foto-foto yang bagus yang telah Anda persiapkan. Dalam melakukan posting, Anda harus menjelaskan secara detil tentang produk Anda. Bagaimana cara untuk membeli produk tersebut dan berikan garansi kepada calon pelanggan Anda.

5. Memperbanyak teman dan follower

Semua teman dan follower di facebook merupakan calon pembeli untuk toko online Anda. Semakin banyak teman dan follower yang Anda miliki maka semakin banyak pula orang yang menjadi calon pembeli toko online Anda. Gunakan fasilitas cari teman yang ada di facebook. Dengan fasilitas ini Anda dapat menemukan calon pembeli dari mana saja. Gunakan fasilitas ini untuk memperbanyak teman atau follower. Pilihlah orang-orang yang potensial sebagai calon pembeli produk Anda. Pilihlah orang-orang yang aktif menggunakan facebook secara berkala. Anda dapat melihat keaktifan pengguna melalui aktifitasnya di facebook.

Cara menjalin pertemanan tidaklah asal dilakukan. Anda harus menyeleksi pertemenan Anda dengan melihat profilnya. Usahakan teman yang akan anda tambahkan adalah orang yang profilnya bisa menjadi target penjualan Anda. Pilihlah teman yang sesuai dengan target produk Anda apakah wanita atau laki-laki, Anak-anak atau orang dewasa. Satu hal lagi yang penting adalah Anda perlu menjalin perteman dengan orang yang aktif di facebook. Banyak terdapat akun di facebook yang tidak aktif. Anda dapat melihat aktif atau tidaknya akun di facebook melalui aktifitasnya seperti foto-foto yang ia tambahkan, status yang diupdate dan lain sebagainya. Jika seseorang tidak pernah mengganti status atau menambahkan foto atau aktifitas lain di facebook bisa jadi orang tersebut jarang online di facebook.

6. Mempromosikan lewat group

Banyak group yang aktif di facebook dengan anggota yang cukup banyak. Pilihlah group yang memiliki hubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan produk yang Anda jual. Tawarkan produk Anda melalui group tersebut sehingga penawaran Anda langsung di terima oleh semua anggota group.

7. Beriklan di facebook ads

Jika Anda memiliki dana yang dialokasikan untuk promosi, maka Anda dapat menggunakan fasilitas iklan yang ada di facebook atau yang disebut dangan facebook ads. Fasilitas ini tidak gratis, Anda dapat mengalokasikan dana Anda untuk promosi. Dengan facebook ads ini akan mempercepat orang mengetahui produk Anda.

No comments:

Post a Comment

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

Marketplace adalah web internet untuk toko online yang memungkinkan para penjual dapat bergabung di website tersebut seperti tokopedia, laza...