Wednesday 29 November 2017

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

Marketplace adalah web internet untuk toko online yang memungkinkan para penjual dapat bergabung di website tersebut seperti tokopedia, lazada, bukalapak, olx dan sebagainya. Marketplace telah memiliki fitur yang lengkap dan sistem yang baik sehingga para penjual tidak perlu repot untuk bisa berjualan online.
Jika Anda belum bergabung ke marketplace yang sekarang marak, maka langkah yang pertama adalah bergabung dengan market place tersebut. Ada banyak marketplace yang bisa Anda pilih. Siapkan identitas dan akun email toko Anda untuk bergabung dengan marketplace yang ada.

1. Tokopedia

Tokopedia.com merupakan marketplace yang cukup besar. Anda dapat bergabung dengan membuka toko di tokopedia. Pendaftaran untuk membuka toko ini gratis. Untuk bergabung berjualan di tokopedia Anda dapat melakukan pendaftaran pada menu jualan di tokopedia atau melalui menu daftar.



Setelah Anda melakukan pendaftaran, Anda perlu membaca panduan berjualan di tokopedia, sistem pembayaran yang digunakan, proses transaksi dan lain sebagainya. Semua panduan sudah ada didalam website tersebut jadi mekanisme dan prosedur pendaftarannya tidak akan dibahas didalam panduan ini. Berjualan di tokopedia ini akan bersaing dengan banyak toko lain dan banyak produk lain. Jika Anda memiliki modal, ada baiknya Anda membuka gold merchant. Dengan membuka gold merchant maka toko Anda akan lebih cepat dikenal. Tetapi jika Anda tidak memiliki modal maka Anda perlu optimasi di beberapa hal lainnya.

2. Lazada

Lazada.co.id juga termasuk dalam daftar marketplace yang besar. Lazada membuka peluang besar bagi Anda untuk berjualan secara online. Yang menarik dari lazada adalah adanya sistem pengiriman barang dari lazada (LEX) dan sistem pembayaran COD. Untuk bergabung dengan lazada, Anda dapat melakukan pendaftaran melalui menu menjadi seller. Pendaftaran menjadi seller tidak dipungut biaya atau gratis. Ada tiga langkah untuk menjadi seller di lazada.

Langkah 1: Melengkapi dan Memberikan Dokumen yang DiperlukanLangkah 2: Aktifkan Akun AndaLangkah 3: Daftarkan Produk Anda dan Mulai Berjualan!

Langkah-langkah tersebut dapat Anda baca pada situs lazada.co.id. Jika Anda telah memahami lengkah-lengkah tersebut, Anda kemudian dapat melakukan klik pada tombol DAFTAR.



3. Elevania

Elevania.com juga termasuk marketplace yag cukup besar saat ini. Elevania memberikan keuntungan kepada membernya dengan sistem peringkat dengan memberikan gift voucher dan ongkos kirim. Anda dapat bergaung dengan elevania dengan melakukan pendaftaran melalui menu seller. Terdapat tiga kategori seller yaitu seller perorangan, seller perusahaan, dan global seller. Masing-masing pendaftaran seller di elevania tidak dipungut biaya atau gratis. Jika Anda telah mendaftar sebagai pembeli di elevania Anda dapat mengubah statusnya menjadi seller melalui menu My Elevania.



4. Blibli

Blibli.com merupakan marketplace yang mengusung tagline Big choices Big deals. Terdapat beberapa penawaran yang menarik. Blibli memberikan asuransi produk 100% pada setiap produk yang dikirim baik hilang maupun rusak. Fasilitas gratis ongkos kirim dengan jangkauan seluruh indonesia. Memberikan fasilitas gratis pengemasan. Dan masih banyak fasilitas lainnya. Anda dapat bergabung dengan blibli.com melalui menu merchant corner. Lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang telah disiapkan.



5. Bukalapak

Bukalapak.com merupakan situs untuk jual beli terkemuka di Indonesia. bukalapak menyediakan sarana jual beli dari konsumen ke konsumen. Siapapun dapat membuka toko online di buka lapak dan melayani pembelian baik satuan maupun banyak kepada pembeli di seluruh wilayah Indonesia. Pendaftaran di bukalapak.com tidak dipunggut biaya /gratis. Untuk dapat berjualan secara online di bukalapak Anda dapat melakukan pendaftaran melalui menu daftar. Setelah itu Anda dapat mulai menjual barang dagangan Anda. Lebih lanjut lagi Anda perlu mempelajari kebijakan dan mekanisme penjualan dan pembayaran di pusat bantuan pada bukalapak.com.



6. Matahari mall

Mataharimall.com merupakan salah satu marketpalce yang mengusung sistem O2O. Mataharimall sebagai pioner dalam sistem O2O ini. Sistem O2O merupakan sistem dimana pembeli dapat membeli secara online dan mengambil barangnya secara langsung di ratusan titik cabang Matahari departemen store di seluruh Indonesia. Dengan adanya sistem ini, pelanggan dapat merasa nyaman untuk berbelanja secara online. Selain itu ada juga fasilitas gratis ongkos kirim dan fasilitas bayar di tempat (COD). Untuk bergabung berjualan di mataharimall.com Anda dapat melakukan padaftaran pada menu Jualan Aja setelah muncul halaman baru klik baner yang betuliskan KLIK DISINI UNTUK DAFTAR SEKARANG. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan ketentuan yang sudah ada.



7. OLX

OLX.co.id merupakan web yang digunakan untuk menjual barang kepada konsumen langsung. Barang yang dapat dijual bisa berupa barang baru atau bekas. Website olx hanya berfungsi sebagai media promosi sedangkan untuk tansaksinya sangat disarankan untuk melakukan pertemuan (COD). Jika Anda memiliki produk sendiri atau produk yang ada ditangan, Anda perlu mencoba juga berjualan melalui OLX. Tetapi jika Anda menjual barang dropship dimana Anda tidak memiliki stok barang maka OLX menjadi tempat yang kurang tepat untuk jualan online Anda. Untuk menjual barang di OLX maka Anda perlu melakukan pendaftaran melalui menu pendaftaran atau pasang iklan.



Setiap marketplace memiliki layanan dan kebijakan yang berbeda-beda baik dari segi keanggotaan, mekanisme pengiriman barang, dan mekanisme pembayaran. Anda sebaiknya mempelajari lebih detil dengan membaca panduan dan pusat bantuan dari masing-masing marketplace.

No comments:

Post a Comment

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

Marketplace adalah web internet untuk toko online yang memungkinkan para penjual dapat bergabung di website tersebut seperti tokopedia, laza...