Wednesday 29 November 2017

7 Langkah Sukses Jualan Online

Setelah kita tahu mengapa kita harus berjualan online, berikutnya kita harus memahami langkah-langkah sukses apa saja yang harus dikerjakan agar sukses dalam membangun bisnis online shop ini.

1. Mempersiapkan Diri

Jualan online merupakan jualan yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi internet. Mempersiapkan diri tentu saja harus dilakukan agar Anda dapat menjalankan usaha jualan online dengan baik. Ketika Anda memutuskan untuk berjualan online Anda harus sudah memahami atau familiar menggunakan internet. Anda harus memiliki perangkat untuk dapat terhubung dengan internet seperti komputer PC atau laptop. Jika Anda tidak memilikinya maka Anda dapat menggunakan perangkat smartphone Anda.

Setelah Anda familiar dengan menggunakan internet, maka tahap merikutnya Anda perlu merasakan menjadi konsumen yang melakukan belanja online. Jika Anda belum pernah melakukan pembelian secara online, saran saya Anda perlu mencobanya. Anda dapat membeli barang yang Anda butuhkan atau barang yang harganya murah. Mengapa ini perlu Anda lakukan? karena dengan mencoba melalukan pembelian online Anda akan merasakan menjadi konsumen. Anda akan belajar dan memahami bagaimana mencari produk yang Anda butuhkan tersebut, Anda akan mememahami apa saja yang Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Kemudian Anda akan belajar bagaimana melakukan pemesanan dan pembayaran. Dan Berikutnya Anda akan tahu apa yang terjadi setelah Anda memesannya hingga barang yang Anda beli sampai di tangan Anda. Setelah itu Anda akan memahami bagaimana kualitas produk yang Anda beli dan mengukur kepuasan Anda. Ini akan menjadikan pengalaman berharga bagi Anda sehingga ketika Anda menjual produk secara online akan membantu Anda memahami cara pandang konsumen. Jika Anda telah terbiasa dengan aktifitas belanja online maka Anda sudah memiliki banyak pengalaman dan siap untuk berjualan online.

Persiapan berikutnya adalah mempersiapkan sistem pembayaran. Jika Anda memutuskan untuk jualan online maka Anda harus mempersiapkan sistem pembayaran yang akan Anda terima. Maksudnya adalah Anda harus memiliki rekening yang akan digunakan untuk menerima pembayaran dari jualan Anda. Sebaiknya Anda menggunakan rekening bank nasional yang telah Anda lengkapi dengan fasilitas internet banking atau sms banking. Semakin banyak rekening dari berbagi bank maka semakin baik. Tujuanya adalah untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran.

2. Menentukan Produk

Produk merupakan salah satu kunci suksesnya berjualan online. Menjual produk yang banyak diinginkan konsumen dapat mendatangkan keuntungan yang banyak. Produk tidaklah harus buatan Anda sendiri, tetapi jika Anda telah memiliki produk atau Anda mampu membuat sebuah produk maka Anda akan memiliki keuntungan yang lebih besar dengan menjual produk Anda sendiri.

Jika Anda tidak memiliki produk sendiri maka Anda tidak perlu khawatir, Anda masih memiliki peluang untuk berjualan online dengan menjual produk orang lain. Bahkan ketika Anda bingung kemana harus menjadi produk, Panduan ini akan menuntun Anda untuk mendapatkan produk yang bisa Anda jual. Bahkan Anda tidak perlu modal untuk memproduksinya.

3. Membuat Lapak Online

Ibarat ketika Anda ingin berjualan, maka Anda perlu lapak seperti toko untuk menjajakan barang dagangan Anda, demikian juga dengan jualan online. Anda akan memerlukan lapak online untuk berjualan barang Anda.

Ada banyak pilihan untuk Anda membuka lapak online (toko online). Salah satunya adalah dengan membuat wesite toko online. Membuat toko online akan membutuhkan biaya ektra. Biaya untuk membeli domain dan hosting, biaya untuk pembuatan website, dan biaya maintenance. Tetapi dengan membuat toko online Anda bisa membangun brand bisnis Anda sendiri dengan lebih mudah dan mantap.

Membuat toko online sendiri akan cocok digunakan ketika Anda ingin membangun brand dan memiliki produk yang cukup banyak.
Bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki website toko online atau Anda hanya menjual beberapa produk saja. Tidak perlu khawatir, Anda dapat berjualan online tanpa harus membuat website sendiri. Anda dapat menjual produk Anda melalui sosial media seperti facebook dan instagram bahkan Anda dapat bergabung dengan marketplace yang sudah memiliki nama seperti tokopedia, lazada, bukalapak, dan yang lainya. Dengan menjual barang di marketplace atau social media maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Panduan ini mengupas rahasia-rahasia berjualan online secara tuntas.

4. Mendatangkan Calon Pembeli

Setelah Anda memiliki lapak online. Jika Anda membuat website toko online sendiri maka Anda perlu melakukan promosi agar pengguna internet mengunjungi website Anda. Ada banyak cara dan chanel marketing yang dapat dipilih untuk mendatangkan calon pembeli. Didalam panduan ini dibahas secara tuntas bagaimana mendatangan calon pembeli untuk tokok online Anda.

5. Melakukan Penjualan Pertama

Setelah Anda melakukan promosi dan banyak yang mengunjungi lapak Anda, akhirnya Anda akan mendapatkan pembeli pertama Anda. Anda harus dapat melakukan penjualan pertama Anda dengan sebaik-baiknya. Memberikan layanan terbaik adalah kunci sukses penjualan pertama Anda. Pastikan produk yang diberikan adalah produk terbaik dengan jaminan kualitas yang sesuai sehingga pembeli pertama Anda akan merasa puas. Selain itu usahakan pengiriman barang dilakukan dengan cepat. Setelah pembeli mendapatkan barang, sebaiknya Anda minta ulasan atau testimoni dari pembeli tersebut. Ulasan atau testimoni yang baik dan memuaskan akan merangsang dan merekomendasikan ke calon pembeli yang lain.

6. Membangun Kredibilitas Usaha

Ulasan testimoni yang baik akan dapat digunakan untuk membangun kredibilitas usaha Anda. Jika Anda menggunakan website toko online sendiri maka membangun kredibilitas dapat dilakukan dengan cara menampilkan testimoni-testimoni dari pelanggan. Tetapi jika Anda bergabung dengan marketplace Anda dapat menggunakan fitur yang ada seperti rating toko, gold merchant di tokopedia dan lain sebagainya. Bab-bab berikutnya dalam panduan ini akan mengupas secara tuntas bagaimana membangun kredibilitas usaha Anda.

7. Membangun Loyalitas Konsumen dan rekomendasi

Membangun loyalitas konsumen adalah membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online kita sehingga pelanggan merasa puas dan percaya terhadap produk yang kita jual. Akhirnya pelanggan tersebut akan melakukan pembelian lagi di toko online kita. Bahkan pelanggan yang loyal akan dapat merekomendasikan toko online kita kepada orang lain sehingga pelanggan kita makin banyak. Secara detil bagaimana kita akan membangun loyalitas konsumen akan dikupas dalam panduan ini.

1 comment:

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

7 Marketplace Populer yang Wajib Anda Jadikan Partner

Marketplace adalah web internet untuk toko online yang memungkinkan para penjual dapat bergabung di website tersebut seperti tokopedia, laza...